Perbedaan Marketing Strategi dan Marketing Plan



Tidak sedikit, masih banyak diantara kita yang merasa kebingungan membedakan antara marketing strategi dan marketing plan.disini saya akan menjelaskan mengenai dua perbedaan ini dan menemukan cara termudah untuk menjelaskan nya, seperti berikut ini:

Marketing Strategi - dalam bahasa indonesia sering disebut strategi marketing merupakan sebuah penjelasan pemasaran yang dibutuhkan untuk mencapai segala upaya pemasaran anda. ini mengenai soal apa yang anda capai. sasaran bisnis anda dibentuk dengan streategi pemasaran. tujuan pemasaran dan bisnis anda harus berjalan bersamaan.

Marketing Plan - Sering disebut dengan rencana pemasaran dengan ini anda bisa merencanakan bagaimana cara anda mencapai sasaran pemasaran. hal tersebut merupakan penerapan strategi untuk memandu anda dari satu titik ke titik lainnya. sangat berbeda dari marketing strategi, rencana pemasaran adalah bagaimana anda bisa mencapai tujuan pemasaran.

Masalahnya, hampir semua orang berusaha mencapai target tanpa mengetahui dari marketing plan atau rencana pemasaran. tentu hal ini membuat anda kehabisan energi, modal dan tenaga juga bagi perusahaan membuang sumber daya baik waktu maupun uang.

Saat membahas marketing plan, sebaiknya anda harus memahami dan mengenali apa dan bagaimana. tentu nya anda tahu strategi merupakan pemikiran, sementara perencanaan merupakan suatu tindakan. ini adalah contoh supaya kedua nya bekerja maksimal:


Jika anda masuk ke masalah selanjutnya, maka anda akan menemukan banyak orang yang sama mencoba untuk menetapkan marketing plan tanpa  mendesain ulang marketing strategi dengan baik. tentu saja hal semacam ini membuang sumber daya perusahaan, baik waktu maupun uang karna
waktu melakukan kegiatan pemasaran, anda harus bisa mengidentifikasi berbagai masalah yang ada. sesuatu yang harus anda ingat adalah, ''Mengenai strategi adalah suatu pemikiran dan perencanaan atas apa yang nanti terjadi" berikut saya akan menjelaskan bagaimana kedua nya bisa bekerja sama, antara marketing strategi dan marketing plan.

- Tujuan: Dapat mengadopsi pasar lebih luas.

- Marketing Strategi: Memperkenalkan pada segmen baru.

- Marketing Plan: Mengembangkan pemasaran yang menjangkau, mengidentifikasi pada sgmen tertentu secara fokus.

Agar mempermudah perbedaan serta opengertian pada Marketing Strategi dan Marketing plan, anda bisa melihat contoh skema dibawah ini:

Marketing Strategi > Marketing plan > Omplementasi = Sukses

Strategi Pemasaran, Mengaitkan pada "apa" yang harus anda perbuat? contohnya anda harus bisa menginformasikan pada konsumen tentang produk maupun jasa  yang ditawarkan serta faktor yang membedakan dengan produk lainnya.

Serta rencana pemasaran, Anda harus menguraikan "Bagaimana" harus melakukan pemasaran tertentu. contohnya dengan membangun iklan/kampanye untuk pemasaran dan promosi yang akan mencapai apa yang anda tuliskan dalam strategi tersebut.

Sementara pada tahap Implementasi, Anda harus mengambil tindakan agar mencapai poin-poin yang teridentifikasi dalam melakukan stregi pemasaran bagi anda yang sedang mempersiapkan strategi pemasaran

maupun rencana pemasaran agar masuk ke dalam rencana bisnis anda, dengan pesan pemasaran external, tujuan untuk  positioning internal, tujuan dan sasaran jangka panjang harus anda uraikan dengan jelas.

Agar lebih jelas, Anda bisa membuat perincian pada komponen marketing plan. ini adalah contoh perincian yang dapat anda uraikan dari marketing plan anda:

- Ringkasan Eksekutif - ringkasan dalam rencana pemasaran.

- Tantangan Anda - Menjelaskan dengan singkat tentang prosuk/jasa yang akan dipasar kan dalam strategi pemasaran anda.

- Analisa Pelanggan Anda - Berapa banyak pelanggan yang anda targetkan? Bagaimana jenis pelanggan anda? apa saja yang bisa menarik perhatian mereka?Bagaimana cara mereka untuk memutuskan untuk melakukan pembelian? dan fokus pada pelanggan apa yang anda inginkan?

Anda harus memahami perbedaan marketing strategi dan Marketing plan yang sudah dijelaskan diatas, anda seharusnya menjadi semanagt untuk memulai nya dengan baik, bukan?susun kedua nya untuk bisnis anda.

dan menggunakan desain yang sesuai pasar serta merekrut pekerja professional yang sesuai dengan usaha anda. demikian penjelasan dari Marketing Strategi dan Marketing Plan.